Jumat, 12 Juni 2009

renungan tengah malam

jikakami bersama,nyalakan tanda bahaya,jika kami berpesta hening akan terpecah,aku dia dan mereka memang gila memang beda,tak perlu pura2,memang begini adanya......


arggghhhhhh suara lantang vocalist superman is dead atau yang biasa di singkat SID itu menggugah tidur lelapku,membuyarkan mimpi2ku.oh,nampaknya waktu telah bertengger di 02.15 dini hari.akhh,mungkin juga tidak,aku biasa mengulang alarm hape ku.ku ambil hapeku,ku matikan alarmnya,ku lirik waktu tlah bertengger di 02.30 wib.

kuambil langkah malas-malasan,kamar mandi yang ku tuju.tujuanku tentu untuk menyucikan tubuhku(baca:wudhu).kunyalakan kran air,suaranya gemericik mengenai lantai kamar mandi.aku sedikit membungkukkan badan,kusatukan kedua telapak tanganku di bawah pancuran air kran,sambil mulutku mengalunkan sebait doa,lirih

"nawaitul wudhuuu a lirraf'il hadasil asghghorii fardhollillahita'aala"

kutadahi air yang mengalir dengan kedua telapak tanganku,ku tuang dalam mulutku,kulakukan tiga kali berturut2.berharap tuhan akan membersihkan mulutku dari perkataan kotor yang pernah mengalun keluar dari mulutku.lalu kuambil air lagi,kali ini sasaranku adalah muka pesakitan cintaku.ku basuh mukaku,tiga kali pula aku melakukannya.akhh,air dingin menampar wajahku,membuatnya sedikit merona,tak layu lagi.

berikutnya kujulurkan tanganku ke bawah pancuran air kran,kubasuh tanganku,bergantian kiri dan kanan,masing-masing tiga kali.berharap tangan ini akan bersih dari perilaku kotor yang pernah tercipta olehnya.kembali ku ambil sejumput air,kali ini sasaranku adalah dahi dan telingaku.ku usap dahi dengan kedua tanganku,kutarik kebelakang,melewati kepalaku lalu berhenti di telingaku,dengan posisi,telunjuk masuk dalam lubang telinga dan bersama2 ibu jari mengapit daun telinga dan bersama-sama mengitari lekuk-lekuk telingaku,bersamaan kiri dan kanan,tiga kali pula aku harus melakukannya.

dan ritual terakhirku adalah kakiku.ku angkat kakiku dari bumi tempat ku berpijak,ku bersihkan sela-sela jarikuhingga mata kakiku,kiri dan kanan masing-masing tiga kali,dan selalu di mulai dari kanan.kusudahi ritual pembersihan diriku dengan sebuah doa:

"ashhaduallahaillallah,waaashhaduanna muhammadan'abduuhuu warrasullullah,allahummaj'alni minattauwwabin,waj'alni mutatahhirin,waj'alni min 'ibaddiqassholihiiin,alhamdullillahirabbil'alamiiinn"

kumatikan lampu kamar mandi,bergegas ku tuju kamarku,kuambil perlengkapan sembahyangku,sebuah mukena(atasan dan bawahan),sebuah sajadah coklat yang tlah usang,sebuah buku kitab yasin,dan selembar foto copy-an doa setelah shalat tahajud.(maklum,aku belum hafal doanya,jadi aku membutuhkannya saat aku berdoa).

ku kenakan mukenaku,aku mengambil sikap tegak lurus berdiri menghadap kiblat,tangan disamping,kemudian mengucap niat shalat tahajud,dan terdengar lirih ucapan

"allahuakbar"

hening malam itu sungguh menentramkanku,damaikan jiwaku.kusudahi shalatku setelah kulakukan dua rakaat shalat.kulantunkan kalimah2 suci,ku agungkan kebesaranNYA.lalu,kurasakan airmataku membasahi pipiku,mengalir dengan sendirinya.

kuingat2 apa yang sudah kulakukan dalam hidupku,kuingat2 nikmat dan karunia yang telah dia berikan.DIA,yang selalu jadi pembimbingku,yang selalu mendengar doa2ku.hanya DIA yang sanggup beri ketentraman jiwaku,mungkin kadang dia belum memberi apa yang ku inginkan,namun nuraniku yakin,DIA akan berikan aku yang terbaik.

"TUHAN,TERIMA KASIH ATAS ANUGERAHMU SELAMA INII,ATAS NIKMAT,KARUNIA,BERKAH DAN KEBAHAGIAAN YANG PERNAH KAU BERI UNTUKKU SELAMA INI,HANYA KEPADAMU LAH AKU MENYEMBAH DAN HANYA KEPADAMULAH AKU MOHON PERTOLONGAN,AMIEN!"

kuakhiri doaku,kukemasi semua perlengkapan sembahyangku,kelanjutkan mimpi2ku dalam malam2 kelamku!



*mohon maaf apabila ada tata caraa ataupun bacaaan yang salah,mohon koreksinya!

Tidak ada komentar: